top of page

Cara lebih baik melapisi kapal kayu dari pada menggunakan fiber

Beberapa pembuat kapal kayu telah melapisi lambung kayu dengan fiber agar tahan erupsi air laut dan mencegah air laut tidak mudah masuk ke pori kayu.

Pelapisan menggunakan fiber asalnya terinspirasi dari kapal fiber dimana bahan ini tahan terhadap erupsi air laut , pelapisannya menggunakan CSM (choosed strength Matt) atau serat kaca yang lebih dikenal dengan nama Matt, lalu direkatkan dan dilapiskan ke badan lambung menggunakan resin UPR (unsaturated Polyester Resin) yang dicampur dengan katalis (MEKSPO).

Melapisi kulit lambung kapal dengan fiber memang salah satu cara untuk “melindungi” kayu dari serangan erupsi air laut, tapi perlu diingat bahwa perekat/resin polyester ini kerekatannya terhadap kayu kurang kuat dan tdk tahan lama, sehingga beberapa waktu kemudian akan mengelupas/terpisah . Beberapa pembuat kapal kayu menambah keeling (paku tembak) untuk membantu agar fiber tetap nempel. Akan tetapi masih saja banyak yang mengelupas kecil kecil sehingga air laut dapat masuk dan terjebak didalamnya. Hal ini malah dapat menyebabkan percepatan pelapukan kayu.

Saat ini telah ditemukan cara yang lebih baik yaitu dengan melapisinya dengan bahan pelapis berbasis Resin Epoxy modified. Bahan ini berbentuk pasta 2 komponen. Cara penggunaannya sangat mudah tinggal mencampur Resin dan Hardenernya lalu melapiskannya ke permukaan kayu menggunakan kapi/spon EVA. Bahan ini dinamakan EPOFILL merk C’Ketz produksi GSP.

C’Ketz Epofill merekat sangat kuat di kayu, tahan terhadapa iar laut dan cuaca serta dapat masuk ke pori-pori kayu sehingga kayu terlindungi lebih sempurna. Dalam jangka panjang periodic perawatan kapal lebih lama dan menghemat beaya perawatan kapal.


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page